PERTEMUAN 1


1.      Apa yang kalin tau tentang jurnalisme/ilmu jurnalistik ?

2.      Menurut kalian, apa sisi negative dari dunia jurnalistik ?

3.      Tapi, apa pula sisi positifnya ?

4.      Apa menurut kalian, manfaat bagi seseorang guru jika memahami ilmu jurnalistik ?

5.      Apa harapan kalian dalam mempelajari ilmu jurnalistik ?



Jawaban



1.      Menurut sepengatuan saya ilmu jurnalistik adalah ilmu yang mempelajari tentang kewartawanan, proses pengumpulan suatu berita , penulisan berita, penyuntingan dan penyajian suatu berita yang setelah itu di informasikan kepada khalayak umum.

2.      Menurut pendapat saya sisi negative dari dunia jurnalistik adalah, tidak semua berita yang diinformasikan dapat dipertanggungjawabkan mengenai kebenarannya (bersifat hoax).

3.      Sisi positifnya, bisa membuka lapangan informasi bagi masyarakat ramai , menambah wawasan bagi para pembaca berita dan dengan adanya ilmu jurnalistik seseorang dapat menemukan pekerjaan baru atau membuka lapangan pekerjaan.

4.   a. Apabila seorang guru memahami ilmu jurnalistik maka guru tersebut tidak hanya    berperan sebagai tenaga pengajar saja namun guru juga akan memahami kemajuan dunia informasi  yang terjadi.

     b. Guru akan dapat memperoleh kreatifitas baru yang dapat diterapkan ke muridnya sehingga akan menambah semangat belajar dari sanag murid.

    c. Guru juga akan bisa menjelaskan kepada seorang murid dengan lebih detail lagi agar seorang murid tidak salah pengertian tentang apa yang telah murid ketahui terlebih dahulu.

5. Bisa memahami lebih jauh lagi tentang dunia jurnalistik.












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Jenis Berita Hard News, Soft News dan Feature

Menentukan 5W=1H dalam Berita Hard News, Soft News dan Feature

PERTEMUAN 13